Mobil
Mobil (kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani 'autos'
(sendiri) dan Latin
'movére' (bergerak)) adalah kendaraan
beroda empat atau lebih yang membawa mesin sendiri. Jenis mobil termasuk bus, van, truk. Pengoperasian mobil disebut menyetir.
Sejarah
Replika Benz Motorwagen 1886.
Kendaraan pertama yang bekerja dengan uap mungkin pertama
kali didesain oleh Ferdinand Verbiest, sekitar tahun 1672. Ia
mendesain mainan kendaraaan berukuran 65 cm untuk kerajaan Cina, yang tidak
bisa membawa penumpang.[1][2][3] Tidak diketahui
apakah model kendaraan yang dibuat Verbiest pernah diproduksi atau tidak.[2]
Tahun 1752, Leonty Shamshurenkov, seorang berkebangsaan Rusia, membuat konstruksi sebuah kendaraan
bertenaga manusia. Ia juga melengkapi kendaraan buatannya dengan odometer. Kendaraan yang ia buat mirip dengan sebuah kereta salju.[4]
Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses
mendemonstrasikan kendaraan roda tiga itu pada tahun 1769. Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap, mungkin
peningkatan mesin uap yang paling dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris oleh Lunar Society. Dan juga di
Birmingham mobil tenaga bensin pertama kali dibuat di Britania pada tahun 1896
oleh Frederick William Lanchester
yang juga mematenkan rem cakram.
Pada tahun 1890-an, etanol digunakan sebagai sumber tenaga di Amerika Serikat.
Kepopuleran
Penemuan Cugnot penggunaannya dilihat secara rendah di
tempat asalnya Perancis, dan penemuan
tersebut diteruskan ke Britania,
di mana Richard Trevithick menjalankan gerobak-uap di
tahun 1801. Kendaraan tersebut
dianggap aneh pada awalnya, namun penemuan dalam dekade setelahnya, seperti rem
tangan, transmisi multi-kecepatan, dan peningkatan kecepatan dan setir, membuatnya sukses.
Sekarang ini, Amerika memiliki mobil lebih banyak dari
negara lainnya. Jepang memimpin dalam
pembuatan mobil, tetapi penduduk Jepang tidak mampu membiayai menjalankan mobil
karena tempat parkir yang jarang dan
harga bahan bakar yang mahal
Inovasi
Mobil "Velo" Karl Benz (1894).
Paten mobil pertama di Amerika Serikat diberikan
kepada Oliver Evans pada 1789; pada 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya,
yang bukan hanya mobil pertama di AS tapi juga merupakan kendaraan amfibi pertama, yang kendaraan
tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda dan di air menggunakan roda padel.
Umumnya mobil pertama mesin
pembakaran dalam yang menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan
pada 1886 oleh penemu Jerman yang bekerja secara terpisah. Karl Benz pada 3 Juli 1886
di Mannheim, dan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart.
Pada 5 November
1895, George B. Selden diberikan paten AS untuk
mesin mobil dua tak.
Paten ini memberi dampak negatif pada perkembangan industri mobil di AS.
Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz pada 1888. Mesin-uap, listrik, dan
bensin bersaing untuk beberapa dekade, dengan mesin bensin pembakaran dalam
meraih dominasi pada 1910-an.
Garis-produksi skala besar pembuatan mobil
harga terjangkau dilakukan oleh Oldsmobile pada 1902, dan kemudian dikembangkan besar-besaran
oleh Henry Ford pada 1910-an. Dalam periode dari 1900 ke
pertengahan 1920-an perkembangan
teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah besar (ratusan) pembuat
mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih perhatian dunia.
Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan self-starter
elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan mobil Cadillac di tahun
1910-1911), suspensi independen, dan rem empat ban.
Ford Model T adalah salah satu mobil pertama yang
harganya terjangkau konsumen (1927).
Pada tahun 1930-an,
kebanyakan teknologi dalam permobilan sudah diciptakan, walaupun sering
diciptakan kembali di kemudian hari dan diberikan kredit ke orang lain.
Misalnya, pengemudian roda-depan diciptakan
kembali oleh Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun teknologi ini sudah muncul
beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat oleh Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap oleh Miller
(dan mungkin telah muncul pada awal 1897).
Setelah 1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis
berpasan dengan industri saling bergabung dan matang. Sejak 1960, jumlah produsen hampir tetap, dan
inovasi berkurang. Dalam banyak hal, teknologi baru hanya perbaikan dari
teknologi sebelumnya. Dengam pengecualian dalam penemuan manajemen mesin, yang masuk
pasaran pada 1960-an, ketika
barang-barang elektronik menjadi cukup murah untuk produksi massal dan cukup kuat untuk menangani
lingkungan yang kasar pada mobil. Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat membuat buangan mobil berkurang secara drastis sambil
meningkatkan efisiensi dan tenaga.
Keamanan
Kecelakaan mobil hampir sama tua dengan mobil
itu sendiri. Joseph Cugnot menabrak mobil tenaga-uapnya
"Fardier" dengan tembok pada 1770. Kecelakaan mobil fatal pertama kali yang
dicatat adalah Bridget Driscoll pada 17 Agustus 1896 di London dan Henry Bliss pada 13 September 1899 di New York City.
Setiap tahun lebih dari sejuta orang tewas dan sekitar 50
juta orang terluka dalam lalu lintas (menurut perkiraan WHO). Penyebab utama kecelakaan adalah
pengemudi mabuk atau dalam pengaruh obat, tidak perhatian, terlalu lelah,
bahaya di jalan (seperti salju, lubang, hewan, dan pengemudi teledor).
Fasilitas keamanan telah dibuat khusus di mobil selama bertahun-tahun.
Mobil memiliki dua masalah keamanan dasar: Mereka
memiliki pengemudi yang sering kali berbuat kesalahan dan ban yang kehilangan
gesekan ketika pengereman mendekati setengah gravitasi. Kontrol otomatis
telah diusulkan dan dibuat contoh.
Riset awal memfokuskan pada peningkatan rem dan
mengurangi bahaya api sistem bahan bakar. Riset sistematik dalam keamanan
tabrakan dimulai pada 1958 di Ford
Motor Company. Sejak itu, banyak riset memfokuskan pada penyerapan
energi luar dengan panel yang mudah hancur dan mengurangi gerakan manusia pada
ruang penumpang.
Ada tes standar keamananan mobil, seperti EuroNCAP dan USNCAP. Ada juga tes yang dibantu oleh industri asuransi.
Meskipun peningkatan dalam teknologi, angka kematian dari
kecelakaan mobil tetap tinggi, di AS sekitar 40.000 orang meninggal setiap
tahun, angka yang tetap bertumbuh sesuai dengan peningkatan populasi dan
perjalanan, dengan tren yang sama di Eropa. Angka kematian diperkirakan akan
menjadi dua kali lipat di seluruh dunia pada 2020. Angka yang lebih banyak dari kematian
adalah luka dan cacat.
Kemungkinan bagian utama
- Ancillary power - mekanik, elektrik, hidraulik, hampa udara
- Penggerak
- Transmisi (kotak gigi)
- Layout
- Drive Wheels
- differential
- As Roda /axle
- Live axle
- Rem
- Rem cakram
- Rem drum
- Sistem rem anti terkunci/ Anti-lock braking sistem (ABS)
- Electronic brake-force distribution (EBD)
- Sensotronic brake control (SBC)
- Brake assist (BA)
- Hill descent control (HDC)
- Stand-by brake
- Kontrol kestabilan
- Roda dan ban
- Bodi
- Zona benturan/Crumple zone
- Konstruksi Monocoque (unibody)
- Suicide doors
- spoiler
- Perlengkapan interior
- Passive safety
- Sabuk pengaman atau seat-belt
- Kantung udara
- Kunci pengaman anak
- Dashboard
- Shifter for selecting gear ratios
- Perlengkapan tambahan seperti stereo, pendingin udara, cruise control, telepon mobil, positioning systems, pemegang gelas, dsb.
- Perlengkapan luar
- Jendela
0 komentar:
Posting Komentar